Wednesday, May 22, 2019

Mengintip Pesona Masjid Al-Markas Makassar

  Ismail Naharuddin       Wednesday, May 22, 2019

Bagi masyarakat kota Makassar tentu tidak asing lagi dengan tempat ibadah yang satu ini. Yah! Masjid Al-Markas Al Islami. Masjid yang dibangun pada tahun 1994 ini sudah menjadi favorit warga muslim yang berada di kota Makassar. Bangunannya yang megah dan sangat luas membuat jamaah berbondong – bondong menuju kemari untuk melaksanakan shalat tarawih di bulan suci Ramadhan.

Lokasinya yang strategis pun menjadi alas an utama para warga memilih tempat ini untuk beribadah. Pekarangannya yang luas membuat jamaah tertarik untuk berselfie dengan berlatarkan bangunan cantik dari batu granit tersebut. Menara – menara dibangun tinggi seakan mampu menghantarkan suara merdu sang mu’adzin sampai pelosok kota Makassar.

Tidak hanya itu. Para pedagang pun memanfaatkan pelataran masjid sebagai lahan penghasilan. Mulai dari pedagang kopiah, busana muslim, mainan anak – anak sampai buku – buku agama dilapakkan disini. Namun, tentunya mereka tetap sadar akan pentingnya menjaga ketertiban dan kebersihan dalam lingkungan masjid. Dan ketika waktu shalat telah tiba, maka segala aktifitas jualan mereka tinggalkan demi memenuhi panggilan Allah SWT.

Masjid ini terdiri dari dua lantai. Jamaah bisa melewati tangga di luar masjid untuk langsung naik ke lantai dua. Di sinilah posisi sang Imam dalam memimpin shalat berjamaah.

Sementara di lantai pertama, terdapat juga tangga penghubung menuju lantai dua. Tepat sebelum memasuki bangunan, telah tersedia tempat penitipan alas kaki yang sangat aman. Yang mana dioperasikan oleh para petugas yang sangat ramah.

Dalam area masjid Al Markas ini, juga terdapat bangunan yang merupakan ruang untuk TPA / Madrasah. Ruang ini dikhususkan untuk kegiatan pengajaran agama Islam yang kini menjadi pusat pembelajaran masyarakat.

Selain itu, kegiatan tabligh akbar, kajian rutin dan dakwah juga menjadi rutinitas yang terdapat di tempat ini. Jadi, mengapa tidak, merasakansuasana yang nyaman saat beribadah dan menuntut ilmu di masjid termegah yang berada di Kota Daeng ini! Salam!

logoblog

Thanks for reading Mengintip Pesona Masjid Al-Markas Makassar

Previous
« Prev Post

No comments: