Thursday, June 04, 2020

7 Jenis Aktivitas Dalam Rumah Yang Bisa Kamu Lakukan Selama Pandemi

  Ismail Naharuddin       Thursday, June 04, 2020

Tinggal di rumah bukanlah hal yang menyenangkan bagi sebagian dari kita. Apalagi hingga waktu yang belum dapat dipastikan. Tidak sedikit yang merasa jenuh lantaran harus menjalani aktivitas dengan suasana yang berbeda.



Dalam situasi darurat saat ini, kesehatan menjadi hal yang utama. Menghindari penyakit yang saat ini mewabah benar adalah pilihan yang mutlak. Tapi, ingat bahwa kesehatan psikis menjadi hal yang tidak kalah penting.


Menurut Robbins (2001) menyatakan bahwa stres merupakan suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai sesuatu kesempatan di mana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang. Sementara Anoraga (dalam Anggraeni, 2003) berpendapat bahwa stres merupakan tanggapan seseorang, baik secara fisik maupun secara mental terhadap suatu perubahan di lingkungannya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam. (dikutip dari: psikologihore.com)



Dari kutipan di atas, dapat kita simpulkan bahwa stress adalah kondisi seseorang di mana ia mengalami tekanan lantaran tidak tercapainya suatu keinginan atau dikarenakan perubahan pada lingkungannya yang menurutnya dapat mengancam keberadaannya.


Selanjutnya dapat kita ketahui bahwa kesehatan mental juga perlu untuk diperhatikan di masa pandemi saat ini. Aktivitas di luar rumah mungkin harus dikurangi. Tapi, bukan berarti tinggal di rumah lantas hanya rebahan. Hal ini justru bisa jadi pemicu utama keadaan stress seseorang. Pemicu stress inilah yang harus kita hindari!


Lakukanlah aktivitas dalam rumah yang mampu mengusir kebosanan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam rumah:


1. Kerjakan Rutinitas



Masing-masing dari kita memiliki rutinitas tersendiri. Pekerjaan kantor, sekkolah, kampus, dan organisasi masih bisa dilakukan di dalam rumah. Apalagi sebagian besar lembaga kini menerapkan model kerja dalam jaringan. Manfaatkan aplikasi seperti zoom, e-mail, dan media sosial untuk terhubung dengan rekan kerja.


Tidak terkecuali bagi pelajar dan mahasiswa. Tentu kamu sudah tidak asing dengan aplikasi seperti Google Classroom, Google Meet, Cloud, dan Whatsapp. Rajin-rajinlah mengerjakan tugas dengan diselingi aktivitas lain tentunya.


2. Lakukan Hobi



Memiliki banyak waktu di rumah menjadi kesempatan untuk menekuni kegemaran. Di antaranya membaca novel, buku, artikel, berita terhangat, menullis fiksi, essay, artikel, menekuni musik, bermain dengan hewan peliharaan, memasak, dan sebagainya.


Lakukanlah hobimu dan galihlah potensimu. Buatlah channel Youtube, halaman blog, ikuti webinar, dan bergabunglah di beberapa komunitas secara daring yang sejalan dengan kegemaranmu. Salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah mengaktualisasikan diri ialah Komunitas Bisa Menulis yang dapat kamu temukan di Media Sosial Facebook. Selain itu, channel Youtube JalanTikus juga bisa jadi referensimu untuk menambah wawasan mengenai teknologi.


Kamu juga bisa menambah koleksi bacaan yang bisa didapatkan melalui Google Playbooks, Mizan Store, dan Toko Buku Online lainnya. Bagi sobat tunanetra, manfaatkanlah pustaka digital seperti Mitra Netra. Di sana terdapat ribuan buku yang lumayan menarik. Bacalah sesuatu tentang kesehatan, gaya hidup, makanan, musik, hewan peliharaan, politik, ekonomi, dan sebagainya. Kamu juga bisa membagikan pengalaman, pengetahuan dan gagasan kepada pembaca dan pemirsa melalui halaman blog maupun channel Youtube. So, "do what you want and make you be happy!"


3. Belajar Hal Yang Baru



Selama ini, kita disibukkan dengan berbagai aktivitas formal yang harus diselesaikan dengan jangka waktu tertentu. Tugas sekolah harus selesai dalam waktu dua hari, makalah mesti dikumpulkan pekan depan, dan laporan keuangan serta apalah-apalah berhasil menyita waktu kita. Kini, mulailah mempelajari hal yang baru. Sesuatu yang tidak biasa kamu lakukan. Barangkali berguna untuk kelangsungan hidupmu ke depan.


Jika kamu seorang siswa SMA yang dalam masa transisi ke jenjang pendidikan tinggi, carilah informasi tentang jurusanmu. Pelajarilah pengantar-pengantar yang berhubungan. Atau jika selama ini kamu seorang yang super sibuk, carilah resep masakan dengan bantuan om Google. Mulailah sesuatu yang baru sedikit demi sedikit.


Membuat dan mendesain tampilan blog menurut saya juga merupakan hal yang menarik. Konten yang bermanfaat dan karya yang kamu buat bisa jadi bahan postinganmu. Selain itu, bacaan tentang konsep diri, karakter pria-wanita, cinta dan keluarga, pola asuh anak, dan berbagai isu sosial bisa meningkatkan cara berpikirmu.


Bagi mahasiswa, sesekali lintasilah bidangmu. Jika selama ini kamu berhadapan dengan Makalah Komunikasi, cobalah membuka modul Sistem Informasi. Pelajari dan pahami bahwa tanpa pengkodean halaman, tidak akan ada sarana media cyber.


4. Tingkatkan Ibadah



Selanjutnya yang bisa kamu kerjakan di rumah, ialah meningkatkan kualitas ibadahmu. Dekatkan diri dengan sang pencipta akan lebih menenangkan hati. Kerjakan ritual seperti shalat sunnah, mendalami Alquran, mendengarkan ceramah, dan membaca artikel rohaniyah bagi kamu yang muslim.


Bagaimana pun, hidup sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Segala sesuatu terjadi atas kehendak-Nya. Adanya pandemi membuktikan bahwa kehidupan tidak selamanya berlangsung normal. Tidak selamanya kita sehat, dan tidak selamanya kita berkecukupan. Mintalah kepada-Nya perlindungan, kecukupan dan kebahagiaan.


5. Berolahraga



Olahraga menjadi hal yang wajib untuk meningkatkan sistem imun. Selain itu, banyak di rumah memberikan kamu kesempatan untuk melatih otot-ototmu biar kelihatan kencang.


Kamu bisa membaca artikel tentang cara meningkatkan kebugaran dan melatih otot-otot melalui artikel yang dapat kamu peroleh dari berbagai sumber. Keberadaan om Google bisa kamu manfaatkan untuk yang satu ini.


6. Berinteraksi Dengan Keluarga dan Kerabat



Banyak di rumah, banyak waktu pula bersama keluarga. Jalani hari-hari bersama mereka dan ciptakanlah suasana harmonis.


Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi daring untuk terhubung dengan kerabatmu. Sapalah mereka untuk menyalurkan energi kepadanya. Ingat bahwa mereka berada dalam kondisi yang sama denganmu. Tinggal di rumah bisa jadi sesuatu yang membosankan baginya.


7. Ikut Kegiatan Sosial



Dalam situasi darurat ini, tidak sedikit para pekerja kehilangan penghasilannya. Bantuan dari pemerintah pun belum cukup untuk mencukupi kebutuhan. Jika kamu mempunyai materi yang berlebih, cobalah untuk ikut serta dalam program gerakan sosial yang saat ini gencar dilakukan oleh berbagai ormas, LSM, dan perseorangan. Bagikan kepada mereka bahan pangan, Alat Pelindung Diri, atau pun uang tunai untuk membiayai kelangsungan hidup.


Itulah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah selama masa pandemi ini. Sebenarnya mungkin masih banyak hal lain yang belum dapat saya tuliskan tentang aktivitas di masa pandemi yang bisa kamu lakukan di rumah. Tapi, semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat dan setidaknya menjadi referensi bagi kamu untuk bisa tetap bekerja, belajar, berkarya, dan beribadah di rumah. Sekian dulu untuk artikel ini. Saya Ismail Naharuddin, dan Salam!

logoblog

Thanks for reading 7 Jenis Aktivitas Dalam Rumah Yang Bisa Kamu Lakukan Selama Pandemi

Previous
« Prev Post

No comments: