Monday, June 15, 2020

Cara Merubah Domain Blog Menjadi .Com, .Net, DLL

  Ismail Naharuddin       Monday, June 15, 2020

Hello guys! Di kesempatan kali ini saya mau ngasih tutorial buat mengganti domain kamu di blogger. Beberapa waktu lalu saya sudah mempublikasikan mengenai Cara Membuat Blog di sini. Silahkan yang belum pernah membacanya boleh dikunjungi terlebih dahulu...


Nah, untuk merubah domain blogger sendiri, kamu bisa menggunakan layanan dari Google atau dari beberapa penyedia domain yang populer seperti Rumahweb, Domainesia, dan Hostinger. Saya pribadi sudah dua kali menggunakan domainesia. Pertimbangannya yah karena cara bayarnya yang mudah dan cpanelnya yang akses untuk tunanetra xD Jadi untuk kali ini saya akan menggunakan domainesia sebagai sampel percobaan kita xD


Untuk merubah domain menjadi .com atau .net dan lain sebagainya, kamu diharuskan untuk membeli dari penyedia layanan domain.


Sebenarnya ada juga situs yang menyediakan domain gratis seperti .tk, .ml, .cf dan ekstensi unik lainnya. Namun, untuk blogger saya tidak menyarankan kamu menggunakan ekstensi domain tersebut karena akan berdampak pada proses index Google.


Langsung saja kamu kunjungi tautan berikut untuk mencari nama domain yang sesuai dengan tema blogmu! Domainesia.com.

  1. Pada kotak pencarian, silahkan isi nama domain yang kamu inginkan lalu klik tombol Cari!
  2. Semua info terkait ekstensi domain yang tersedia akan muncul beserta harganya. Silahkan pilih salah satu yang menarik perhatianmu lalu klik Daftarkan Domain!
  3. Di halaman selanjutnya, akan ada informasi mengenai pemesanan yang barusan kamu pilih. Jika sudah merasa cocok, langsung klik tombol Tambahkan ke Troli.
  4. Kamu akan dibawa ke halaman Troli. Untuk melanjutkan, kamu mesti terdaftar pada akun Domainesia. Silahkan klik tombol Daftar untuk mengisi form register.
  5. Setelah proses pendaftaran dan verifikasi telah dilakukan, silahkan lanjutkan dengan mencentang pernyataan setuju dengan Ketentuan Layanan lalu klik tombol Selesaikan dan Bayar.
  6. Secara otomatis kamu akan menerima notifikasi via email yang kamu gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Dan untuk pada halaman yang berisi informasi belanja, silahkan pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Disinilah kemudahan yang saya rasakan selama berbelanja di Domainesia. Coba perhatikan pada metode pembayaran terdapat pilihan pembayaran melaluii Go Pay dan Indomaret/Alfamart. Pada opsi pembayaran Go Pay, kamu tidak perlu meninggalkan tempatmu sekarang. Cukup ambil Smartphonemu dan scan barcode yang tertera pada halaman.
  7. Yah, cara tersebut dapat kamu lakukan jika memiliki saldo Go Pay. Namun, alternatif jika kebetulan saldomu tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran adalah dengan membayar melalui Indomaret/Alfamart. Saya kira metode ini cukup simple dan tidak memakan waktu lama.
  8. Setelah pembayaranmu diterima, periksalah emailmu dan dapatkan notifikasi berupa tanda terima dari pembayaranmu kepada Domainesia. Ini berarti domainmu telah terdaftar dan kamu sudah bisa mengarahkannya ke blog!

Cara Mengarahkan Domain ke Blogger


Untuk yang satu ini, kamu perlu login pada dashboard Domainesia dan melakukan beberapa setelan pada Domain barumu.


  1. Login pada dashboardmu dengan mengunjungi My Domainesia.
  2. Isikan dengan alamat email dan password yang terdaftar pada akunmu
  3. Setelah halaman dashboard terbuka, carilah Menu Domain pada menu navigasi.
  4. Klik pada submenu Nameservers.
  5. Centeng pada Use Default Nameservers lalu klik lagi pada submenu Add Ons
  6. Pada bagian DNS Record, klik pada Activate untuk mengaktifkan DNS.
  7. Silahkan berpindah submenu lagi menuju menu Settings.
  8. Klik tombol Blogger Settings.
  9. Pada tab baru, silahkan buka dashboard blogmu dan masuk ke Setelan > Dasar, lalu klik bagian Tambahkan Alamat dari Pihak Ketiga.
  10. Isikan nama domainmu yang telah terdaftar. Misalnya www.namaku.com.
  11. Akan muncul pesan error. Jangan panik! hehehe... Copy kode unik yang tertera pada pesan error tersebut lalu paste pada kolom pada halaman Domainesia pada tab sebelah.
  12. Klik Save dan tunggu prosesnya sekitar 5 menit.
  13. Ketika prosesnya telah selesai dan memberikan pasan sukses, silahkan kembali pada halaman blogmu dan ulangi menekan tombol Simpan pada opsi penambahan alamat domain.
  14. Tadada! Domain kamu telah terpasang di blogger.

Biasanya, untuk pengecekan alamat https akan berlangsung selama beberapa waktu. Jadi, mohon bersabar apabila nama domain masih belum dapat diakses menggunakan https. Nanti setelah proses pengecekan, secara otomatis blogger akan mengaktifkan pengalihan dari http menuju https.


Itulah sekiranya informasi mengenai Cara mudah mengubah domain pada Blogger dengan ekstensi .com, .net, .ifo, dan lainnya. Oh iya. Sedikit informasi bahwa domain .online kini sudah banyak digunakan oleh para blogger. Domain ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang tidak mau membeli domain dengan harga yang tinggi. Hanya dengan sekitar 15 ribu maka kamu dapat memiliki domain .online selama satu tahun. Gimana? Murah bukan? xD


Saya kira sekian dulu untuk tutorial kali ini. Kurang lebihnya mohon dimaafkan :D Kalau ada pertanyaan silahkan coret saja di bawah yah ! Semoga bermanfaat!

logoblog

Thanks for reading Cara Merubah Domain Blog Menjadi .Com, .Net, DLL

Previous
« Prev Post

No comments: