Sunday, July 19, 2020

Cara Daftar Adsense Untuk Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

  Ismail Naharuddin       Sunday, July 19, 2020

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan langkah-langkah atau cara mendaftarkan blog pada layanan Google Adsense. Dengan menggunakan Google Adsense, kamu bisa memonetisasi blog dari penghasilan yang didapatkan melalui penayangan iklan di blog kamu. Jadi, bagi kamu yang mencari cara menghasilkan uang dari blog, pembahasan di bawah ini bisa membantu kamu untuk meraup keuntungan dari aktivitas blogging kamu.



Sebelum memulai tutorial tentang cara daftar Google Adsense, ada baiknya kalau kita mengenal terlebih dahulu seluk beluk layanan Google Adsense yang akan saya paparkan di bawah ini.


Latar Belakang Kehadiran Adsense


Perkembangan teknologi tidak hanya memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Namun kemunculan peluang bisnis baru juga kini menjanjikan penghasilan yang luar biasa. Salah satunya ialah pemanfaatan blog sebagai sarana untuk menghasilkan uang.


Sebenarnya, peluang ini telah ada sejak beberapa dekade lalu. Pada tahun 2003, Adsense yang baru-baru meluncur telah menyediakan layanan iklan konten bertarget dengan menyasar pemilik website sebagai publisher. ( sumber: Wikipedia.org )


Sejak saat itulah, Adsense kemudian berselancar mengiringi blogger kreatif dan memberikan peluang untuk menghasilkan uang dari blog. Dan berdasarkan catatan resmi Google, jumlah publisher AdSense kini mencapai lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia.


Layanan Adsense pun kini telah mendukung konten audio visual dalam situs Youtube.com. Artinya, selain dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, fitur Adsense kini bisa digunakan untuk memonetisasi iklan di Youtube. Mengingat belakangan ini pengguna Youtube semakin bertambah dan bahkan kini menyaingi keberadaan media arus utama.


Namun, meskipun demikian, setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Media audio visual ialah media yang memanfaatkan dan mengutamakan performa gambar serta suara. Sementara media tulis lebih mengedepankan estetika dari aksara dan diksi. Tujuan dari keduanya tetaplah sama. Menyampaikan gagasan dan informasi untuk mendapatkan umpan balik atau efek dari khalayak.


Artinya, keberadaan Youtube tidak serta merta menutupi segala aktivitas blogging. Buktinya, kita masih dapat menemukan berbagai situs blog yang konsisten terhadap kontennya masing-masing. Ditambah lagi, keberadaan forum-forum yang membahas seputar aktivitas blogging masih sering kita temukan di sosial media.


Bisa kita perhatikan, bahwa kemasan konten pada berbagai blog popular saat ini juga mengalami perkembangan. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya ialah perkembangan algoritma mesin pencari yang kian waktu semakin cerdas, serta tuntutan penyesuaian performa blog terhadap perangkat yang tengah trending saat ini. Jika dekade lalu tampilan blog begitu diwarnai oleh pernak pernik yang beragam, kini tampilan minimalis lebih diutamakan demi mencapai kecepatan akses blog yang stabil.


Persyaratan & Ketentuan Pendaftaran Layanan Adsense


Berkaitan dengan fitur Adsense, beberapa persyaratan pendaftaran blog untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense sebagaimana yang dikutip dari halaman Bantuan Adsense adalah sebagai berikut:


  1. Konten harus berkualitas tinggi, orisinil, dan menarik audiense.
  2. Konten harus mematuhi Kebijakan Program Adsense.
  3. Berusia minimal 18 tahun.

Cara Mendaftarkan Blog ke Adsense


Untuk bisa menikmati layanan Google Adsense dan mendapatkan penghasilan dari hasil monetisasi blog, kamu harus bisa mengakses kode sumber HTML pada blog kamu. Platform yang biasa digunakan oleh para blogger ialah Blogger.com dan Wordpress.com. Di bawah ini akan dijelaskan tentang cara mendaftarkan blog pada layanan Adsense yang akan dibedakan menurut platform masing-masing:


Mendaftarkan Akun Adsense


Langkah paling pertama untuk mendaftarkan blog ke Layanan Adsense ialah membuat akun Adsense. Silahkan kunjungi situs Google Adsense.


  1. Kamu akan diarahkan ke halaman depan Adsense. Pada halaman ini, klik "Mulai".
  2. Setelah itu, isilah form dengan informasi yang diperlukan. Misalnya alamat situs, email, dan centang pada pilihan "Ya, kirimi saya saran bantuan dan performa yang disesuaikan," lalu tekan tombol "Simpan dan Lanjutkan".
  3. Kemudian di halaman selanjutnya, pada menu tarik turun "Pilih Negara atau Wilayah Anda," carilah Indonesia. Setelah itu centang pernyataan "Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian," lalu pilih tombol "Buat Akun"!
  4. Kamu akan dibawa ke halaman Beranda pada akun yang telah dibuat. Silahkan isi kembali form dengan informasi yang diminta. Bagi pengguna pembaca layar, gunakan tombol "TAB" pada keyboard untuk menavigasi ke kolom berikutnya. Setelah itu tekan tombol "Kirim".
  5. Pada halaman berikutnya, silahkan salin kode yang diberikan oleh Google Adsense. Kembali gunakan tombol "TAB" bagi pengguna pembaca layar untuk menavigasi ke kolom berikutnya.
  6. Bukalah tab baru pada browsermu. Lalu login pada Dashboard blog kamu. Catatan:
    • Untuk pengguna Blogger.com, masuk ke menu "Tema" pada Dashboard lalu pada menu tarik turun "Tindakan Lainnya," pilih "Edit Kode Sumber Laman".
    • Untuk pengguna Wordpress.com, silahkan ikuti langkah pada bagian bawah nanti!
    • Kalau kamu menggunakan CMS sendiri, langsung saja menuju ke file HTML situsmu.
  7. Untuk pengguna blogger dan CMS sendiri, tempelkan kode tadi di antara kode "<head>" dan "</head>".
  8. Setelah selesai, kembali pada halaman Adsense tadi pada tab sebelumnya. Lalu centang pernyataan "Saya telah menempelkan kode," lalu pilih tombol "Selesai".
  9. Jika muncul peringatan "Situs Anda Tidak Dapat Dijangkau," silahkan periksa email kamu dan klik pada tautan "Aktifkan" pada pesan yang dikirimkan oleh pihak Adsense.
  10. Kamu akan kembali pada halaman Beranda Akun. Kini kamu tinggal menunggu hingga proses pengecekan situs dari pihak Adsense selesai.

Panduan Bagi Pengguna Wordpress


Untuk mengedit kode HTML pada CMS Wordpress, mungkin kamu akan sedikit kesulitan. Karena Wordpress memang tidak semudah Blogger dalam memberikan akses kepada penggunanya untuk mengedit kode HTML. Sebagai alternatif, kamu bisa menambahkan plugin untuk memasang kode Adsense di Wordpress.


  1. Masih pada halaman Google Adsense, bukalah tab baru pada browsermu dan jangan meninggalkan halaman Google Adsense.
  2. Login ke akun Wordpress.com lalu masuk ke halaman Dashboard.
  3. Pada menu navigasi, pilih pada "Plugin". Kemudian pilih tombol "Add New" lalu cari plugin "Ad Inserter".
  4. Klik atau pilih "Install Now" jika sudah ketemu lalu jika sudah selesai klik tombol "Active".
  5. Pergi ke menu "Settings" lalu pilih "Ad Inserter".
  6. Masukkan kode iklan pada halaman tersebut. Kamu bisa mengatur tampilnya iklan pada halaman yang tertera. Misalnya Homepage, Category Page, Tag/Archieve Pag, atau kamu bisa mencentang "Automatic Insertion".
  7. Pilih tombol "Save" atau "OK".
  8. Kembali pada halaman Google Adsense dan centang pada "Saya sudah menempelkan kode" lalu Simpan Setelan.

Kamu hanya perlu menunggu proses pemgujian oleh pihak Google Adsense terhadap kelayakan Layanan Adsense terhadap blogmu. Biasanya hal ini akan berlangsung selama 3-5 hari. Namun, jika proses pengujian benar-benar telah selesai, kamu akan menerima pemberitahuan melalui email. Jadi, rajin-rajinlah mengecek email untuk memfoll-up perkembangan pendaftaran Adsensemu!


Ingat! Tidak semua situs lolos pengujian kelayakan layanan Adsense. Biasanya pihak Adsense juga akan mempertimbangkan umur, keaktifan, tampilan dan konten situs yang diajukan. Jika blog kamu masih berumur 2 mingguan atau sebulanan, ada kemungkinan pihak Adsense belum bisa menyetujui permintaanmu. Kemudian bagi pengguna blogger, bahasa blog yang kamu gunakan juga harus Bahasa Inggris. Untuk menyetelnya pergilah ke Dashboard -> Setelan lalu pada bagian Bahassa pilihlah "English".


Pengalaman saya mendaftar layanan Adsense saat pertama kali mendaftarkan situs saya sebelumnya. Saat itu saya menggunakan CMS sendiri dan untuk beberapa hari setelah permintaan, akhirnya pendaftaran saya diterima. Namun saat saya hijrah ke CMS Wordpress hal itu tidak berjalan dengan mulus. Saya diminta memasukkan kode ulang pada situs namun tidak mendapatkan keberhasilan.


Jadi untuk kamu yang ingin mendaftarkan dan memonetisasi blog ke layanan Adsense, bangunlah blogmu dengan konten yang menarik dan asli buatanmu sendiri. Buatlah sebanyak mungkin dan usahakan tampilannya juga memadai untuk ditempati iklan. Jika permintaanmu akhirnya belum bisa diproses, tetaplah berusaha mengembangkan blogmu. Rajinlah membuat konten yang menarik dan jangan lupa tingkatkan jumlah pembaca pada blogmu!


Demikianlah artikel tentang Apa itu Adsense dan Cara Daftar Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Kamu juga bisa berbagi pengalamanmu tentang memonetisasi situs pada Adsense melalui kolom komentar di bawah! Tetap semangat dan terima kasih!

logoblog

Thanks for reading Cara Daftar Adsense Untuk Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

Previous
« Prev Post

No comments: