Friday, August 07, 2020

Belajar Mengetik 10 Jari Pada Keyboard

  Ismail Naharuddin       Friday, August 07, 2020

Dalam membuat naskah secara efisien, kita memerlukan sebuah teknik mengetik 10 jari. Mungkin bagi sebagian kamu sudah pernah mendengar istilah ini atau secara langsung melihat seseorang dapat memainkan jari-jemarinya di atas keyboard dengan sangat cepat. Inilah yang dinamakan teknik mengetik 10 jari. Pada postingan kali ini, saya akan membagikan sedikit tips agar kamu bisa menguasai teknik mengetik 10 jari.


Dengan mengetik 10 jari, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Di antaranya, proses pengetikan akan berlangsung lebih cepat dan kesalahan pengetikan akan cenderung berkurang. Hal ini dikarenakan dalam teknik mengetik 10 jari, kita telah menghafal letak dan posisi huruf dan angka pada keyboard. Yang nantinya, setiap jari-jemari pada tangan kita akan dibagi tugas masing-masing dalam menekan tuts tersebut.


Teknik mengetik 10 jari ini sangatlah bermanfaat apabila keseharian kamu adalah membuat naskah, editor dan notulensi. Dan uniknya, teknik ini juga dimanfaatkan oleh kawan-kawan tunanetra. Seperti yang diketahui, bahwasannya dalam mengoperasikan komputer, tunanetra menggunakan keyboard untuk menavigasi opsi pada komputer. Nah, dalam membuat tulisan, mahasiswa, pelajar, bahkan karyawan tunanetra yang sering bekerja di depan komputer menggunakan teknik mengetik 10 jari supaya bisa membuat naskah secara optimal. ( Baca: Mengenal Aplikasi Pembaca Layar Untuk Tunanetra )


Lantas, bagaimana cara Belajar Mengetik 10 Jari? Di bawah ini akan diuraikan mengenai cara melatih teknik mengetik 10 jari.


Pertama! Tandai Tuts Pada Keyboard

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenali dan memberikan tanda pada keyboard sebagai acuan kita. Dalam hal ini, kita mengacu pada tuts F dan J. Coba perhatikan! Pada kedua tuts tersebut, terdapat tonjolan yang mengarah keluar. Pada umumnya keyboard dengan Standar Internasional akan berlaku seperti ini.


Letakkan jari telunjuk kirimu pada tuts F tersebut, sementara pada tuts J letakkan pula telunjuk kananmu. Selanjutnya jari - jari yang lainnya mengikut sederet dengan kedua jari telunjuk tadi. Sementara kedua jari jempol dibiarkan melayang di udara.


Jadinya akan didapatkan posisi seperti ini:

  1. Jari Kelingking kiri berada pada tuts A
  2. Jari manis kiri berada pada tuts S
  3. Jari tengah kiri berada pada tuts D
  4. Jari telunjuk kiri berada pada tuts F
  5. Jari telunjuk kanan berada pada tuts J
  6. Jari tengah kanan berada pada tuts K
  7. Jari manis kanan berada pada tuts L
  8. Jari kelingking kanan berada pada tuts ; ( titik koma )
  9. Kedua jari jempol dibiarkan terangkat

Kedua! Ketahui Tugas Masing - Masing Jari

Setelah kita mengetahui posisi awal pada teknik 10 jari, kita mesti mengetahui tugas dari masing - masing jari tersebut. Yah, masing - masing jari bertugas menekan tuts yang di mana jari kita diletakkan tadi. Coba perhatikan poin di bawah!

  1. Jari kelingking kiri bertugas menekan tuts "Q, A, dan Z"
  2. Jari manis kiri bertugas menekan tuts "W, S, dan X"
  3. Jari tengah kiri bertugas menekan tuts "E, D, dan C"
  4. Jari telunjuk kiri bertugas menekan tuts "R, F, V, T, G, dan B"
  5. Jari telunjuk kanan bertugas menekan tuts "Y, H, N, U, J, dan M"
  6. Jari tengah kanan bertugas menekan tuts "I, K, dan tanda koma"
  7. Jari manis kanan bertugas menekan tuts "O, L, dan tanda titik"
  8. Jari kelingking kanan bertugas menekan tuts "P, tanda titik koma, dan garis miring"
  9. Kedua jempol bertugas menekan tombol spasi

Ketiga! Seringlah Latihan

Lakukan senam jari untuk lebih melenturkan otot jarimu. Hal ini dimaksudkan supaya saat mengetik, jari - jari kita tidak kaku dalam menekan tombol. Kamu dapat melakukannya dengan cara menekan tuts sesuai dengan tugas pada masing - masing jari tadi. Misalnya:

  • Jari kelingking kiri menekan secara berulang tuts "Q-A-Z-Q-A-Z-Q-A-Z-dan seterusnya"
  • Jari manis kiri menekan secara berulang tuts "W-S-X-W-S-X-W-S-X"
  • dan seterusnya sesuai tugas masing - masing jari

Khusus untuk kedua jari telunjuk, masing - masing memiliki tugas menekan 6 tuts. Jadi, sebagai bentuk latihannya, kamu bisa menekan secara berulang tuts "R-FV-T-G-B-R-F-V-T-G-B" untuk telunjuk kiri dan "Y-H-N-U-J-M-Y-H-N-U-J-M" untuk telunjuk kanan.


Itulah bentuk latihan teknik Mengetik 10 jari yang bisa k amu pelajari untuk mengefisienkan pekerjaanmu di depan komputer. Tetap semangat dan teruslah berlatih dan berlatih. Semoga bermanfaat!

logoblog

Thanks for reading Belajar Mengetik 10 Jari Pada Keyboard

Previous
« Prev Post

No comments: