Sunday, August 09, 2020

Fitur Bawaan Windows Yang Jarang Digunakan

  Ismail Naharuddin       Sunday, August 09, 2020

Kali ini, kita akan mengupas tentang sebuah fitur bawaan Windows yang jarang digunakan. Bisa dibilang bahwa keberadaannya pun sangat termarjinalkan, hehe... Hampir semua user di seluruh belahan dunia mungkin jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah mengaktifkan dan mengenali fitur sederhana yang satu ini. Tapi, keberadaannya tidaklah serta merta percuma. Karena, fitur ini telah menjadi secondary assisstance bagi blinded user atau pengguna komputer dengan gangguan visual alias tunanetra.


Namanya adalah Microsoft Narator. Aplikasi pembaca layar bawaan Windows yang dikembangkan pada tahun 2000. Dikutip dari sumber Wikipedia, fitur ini telah dapat digunakan sejak Sistem Operasi berbasis Windows mulai Windows 2000 sampai yang paling baru.


Narator ini telah terintegrasi secara otomatis ketika kita menginstall sistem operasi di komputer. Jadi, tanpa menginstall aplikasi tambahan pun, maka para tunanetra dapat berselancar dengan menggunakan bantuan dari suara robot buatan Windows. Hehehe...


Sejalan dengan perkembangannya, Narator juga telah memperoleh pengembangan berdasarkan versi Windowsnya. Coba kita lihat uraian yang dikutip dari laman Wikipedia berikut ini!


Versi Narator Windows 2000 menggunakan SAPI 4 dan memungkinkan penggunaan suara SAPI 4 lainnya. Versi Windows XP menggunakan SAPI 5. yang lebih baru. Namun, itu hanya memungkinkan penggunaan suara default, Microsoft Sam, bahkan jika suara lain telah diinstal.


Di Windows Vista dan Windows 7 , Narrator telah diperbarui untuk menggunakan SAPI 5.3 dan Microsoft Anna voice untuk Bahasa Inggris. Di Windows Ultimate dan Windows edisi untuk China, Microsoft Lili voice untuk Mandarin Mandarin disertakan.


Pada Windows 10 , Narrator tersedia dalam bahasa Inggris (Amerika Serikat, Inggris, dan India), Prancis, Italia, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin (Mandarin Sederhana dan Tradisional Cina), Kanton (Tradisional Cina), Spanyol (Spanyol dan Meksiko) ), Polandia, Rusia, dan Portugis (Brasil). ( diterjemahkan melalui Google Terjemahan )


Cara Mengaktifkan Narator

Cara mengaktifkan Narator pada masing - masing versi Windows berbeda - beda jika menggunakan shortcut. Namun, setidaknya pengaturan untuk Narator pada semua versi Windows terdapat pada Control Panel. Jadi, untuk mengaktifkan narator secara manual, kamu tinggal masuk ke Control Panel, lalu pada mode Small Icons Category, pilih Ease of Access Center. Kemudian pilih button Start Narator.


Terkhusus untuk Windows XP, kamu bisa mengaktifkan Windows Narator dengan memasuki menu "Start > All Programs > Accessories > Accessability > Narator".


Hal ini sangat bermanfaat bagi teman - teman tunanetra yang mencoba menginstall Sistem Operasi Windows secara mandiri. Karena saat proses instalasi, setelah pemformatan selesai, maka semua program yang telah terinstall sebelumnya akan terhapus. Termasuk program pembaca layar tambahan apabila teman - teman menggunakannya ( seperti NVDA, Jhorse, dll ). Paling tidak, kita memanfaatkan narator untuk pengisian Nama Komputer, serta waktu dan tanggal perangkat.


Untuk menjalankan narator saat instalasi, pada Windows 7 tekan tombol "alt + U", lalu pilih start Narator. Sementara untuk Windows 10, kamu bisa mengaktifkannya dengan cara menekan tombol Windows dan Enter secara bersamaan. Lalu pada pilihan Do you want to start Narator?, pilih Yes lalu tekan Enter.


Pada versi Windows10, suara narator lebih jernih dari sebelumnya. Saya pribadi sudah mendengarkan. Waw! Artikulasinya jauh lebih jelas ketimbang narator pada Windows 7.


Barangkali cukup sekian untuk pembahasan mengenai fitur bawaan Windows yang jarang digunakan ini. Mudah - mudahan ada manfaatnya dan jika sobat berminat untuk membagikan informasi mengenai narator pada Windows yang lebih mutakhir, silahkan komen pada form di bawah! Salam!

logoblog

Thanks for reading Fitur Bawaan Windows Yang Jarang Digunakan

Previous
« Prev Post

No comments: