Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Transfer ke Bank Lain Tanpa Biaya Admin Alias Gratis!

Saat ini kamu sudah bisa mentransfer uang antar bank tanpa biaya admin. Seperti yang diketahui, jika biasanya kamu harus mengeluarkan biaya tambahan tatkala melakukan transfer dana dari rekening kamu ke rekening yang berbeda setidaknya Rp. 6.500,-, namun sekarang kamu sudah bisa menghemat biaya, waktu apalagi kalau misalnya kamu menggunakan aplikasi Mobile Banking.

Logo FLIP - Cara Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin

Dengan android yang kamu miliki, kamu hanya perlu menginstall satu aplikasi tambahan untuk melakukan transfer uang antar bank tanpa biaya admin. Simak ulasannya pada uraian berikut!

Aplikasi FLIP, Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin!

Aplikasi yang kamu butuhkan untuk melakukan transfer uang ke bank lain tanpa biaya admin adalah FLIP. "FLIP ADALAH PERUSAHAAN TRANSFER DANA YANG TELAH TERLISENSI OLEH BANK INDONESIA DENGAN NOMOR IZIN 18/196/DKSP/68," (sumber: FLIP.id).

Perusahaan ini memang tidak terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini karena PT. FLIP sendiri telah berada dalam pengawasan Bank Indonesia yang notabene telah terdaftar dalam OJK. Jadi, FLIP ini sudah terbukti benar-benar aman dan legal. Untuk mengamati lebih lanjut tentang legalitas FLIP, silahkan kunjungi laman Lisensi FLIP.

Skema Transaksi Menggunakan Aplikasi FLIP

Dalam hal ini, aplikasi FLIP merupakan jembatan transaksi antar bank. Dengan berbagai akun rekening yang dimiliki oleh perusahaan ini, maka kita dapat memanfaatkannya untuk menghemat biaya admin yang selama ini harus dikeluarkan ketika melakukan transfer antar bank. Berikut adalah skema dari transaksi menggunakan aplikasi FLIP.

  1. Kamu melakukan registrasi transaksi dengan memasukkan nomor rekening tujuan dengan bank yang berbeda
  2. Kamu transfer ke rekening perusahaan FLIP
  3. Kamu konfirmasi bahwa sudah melakukan transfer
  4. Perusahaan FLIP langsung melakukan transfer ke nomor tujuan yang kamu masukkan
  5. Perusahaan FLIP akan mengirimkan bukti transfer ke nomor rekening tujuan yang dimaksud melalui email

Tatkala melakukan transfer ke perusahaan FLIP, nanti akan ada kode unik yang harus disertakan pada nominal transfer. Kode unik ini biasanya berjumlah 3 digit, seperti 250, 060, 171, dan sebagainya. Namun, jika transaksi telah berhasil sampai pada nomor rekening tujuan kamu, biaya yang terdiri dari kode unik tersebut akan dikembalikan ke saldo FLIP kamu.

Cara Menggunakan Aplikasi FLIP

Untuk mulai melakukan transfer antar bank tanpa biaya admin, silahkan download dan install aplikasi FLIP dari Playstore atau Appstore. Kamu bisa memanfaatkan kotak pencarian dengan menggunakan kata kunci "FLIP". Jika sudah muncul, klik tombol "Install" dan buka aplikasinya.

Beranda FLIP - Cara Transfer ke Bank Lain Tanpa Biaya Admin

Begitu aplikasi FLIP terbuka, kamu akan diarahkan untuk melakukan login atau mendaftar terlebih dahulu untuk bisa mengakses layanan FLIP. Silahkan melakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah yang tidak rumit. Kamu hanya perlu mengisi email dan melakukan verifikasi. Setelah itu, isilah formulir dengan data-data diri kamu yang sebenar-benarnya, beserta Nomor Induk Kependudukan.

Nantinya juga kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP, foto wajah, dan foto wajah bersama KTP seiring berjalannya proses registrasi. Namun, jika kamu kesulitan untuk mengunggah foto-foto tersebut, kamu bisa melakukannya di kemudian hari. Hanya dengan 50% kelengkapan data kamu di aplikasi ini, kamu sudah bisa melakukan transfer ke bank lain tanpa biaya admin. Jadi, kamu tidak usah repot dulu untuk mengunggah foto KTP dan wajah. Cukup dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan kamu.

Setelah melakukan registrasi, verifikasi dan akun kamu aktif, kamu sekarang bisa kirim uang ke bank lain. Berikut adalah langkah-langkah transfer menggunakan aplikasi FLIP!

  1. Silahkan buka aplikasi FLIP dan di halaman depan aplikasi ini, klik tombol "Kirim Uang Gratis" di bagian bawah layar.
  2. Selanjutnya pada bagian "Rekening Tujuan", ketuk dan pilih bank tujuan yang akan kamu kirimi uang. Lalu tuliskan nomor rekening tujuan tanpa kode bank pada kotak edit yang tertera, dan tekan tombol "Cek Nama".
  3. Setelah kamu memastikan nomor rekening tujuan telah sesuai, kamu bisa menekan tombol "Lanjut".
  4. Di halaman selanjutnya, kamu perlu memasukkan nominal serta berita transfer. Silahkan mengisi dan kemudian tekan tombol "Lanjut". Tunggu prosesnya sekitar 2-5 menit, dan notifikasi baru akan muncul.
  5. Pilih bank sesuai akun rekening kamu untuk melakukan transfer ke perusahaan FLIP. Kemudian setelah itu pilih "Lanjut".
  6. Selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan catatan transaksi yang harus kamu lakukan ke perusahaan FLIP. Catat nomor rekening dan jumlah nominal yang harus ditransfer. Ingat, nominal harus sesuai untuk verifikasi pihak perusahaan bahwa pengirim adalah benar-benar kamu dan transaksi yang kamu lakukan sesuai. Nomor rekening bisa kamu salin dengan menekan tombol "Salin".
  7. Sekarang, kembali ke halaman utama Smartphone kamu, lalu masuk ke Mobile Banking yang kamu punya. Dan lakukan transfer sesuai catatan yang kamu baca barusan. Kamu tidak perlu keluar dari aplikasi FLIP, cukup minimize layar aplikasinya.
  8. Setelah melakukan transfer, kembali ke aplikasi FLIP. Dan masih di halaman yang sama, tekan tombol "Saya sudah transfer" di bagian bawah, lalu pilih "Sudah".
  9. Tunggu prosesnya dan kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa transaksi kamu berhasil diterima. Selanjutnya pihak FLIP akan mentransfer uang kamu ke rekening tujuan yang kamu masukkan di awal tadi. Sekadar info, untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya admin hanya bisa dilakukan dalam jam operasional, yakni pukul 07.00 sampai 20.00. Transaksi yang dilakukan di luar jam operasional tersebut tetap bisa diterima, namun akan diproses pada jam operasional selanjutnya.
  10. Tidak sampai 5 menit, pihak FLIP akan mengirimkan uang kamu ke rekening tujuan. Dan setelah transfer berhasil, kamu akan menerima notifikasi pada aplikasi FLIP yang berisi bukti transfer ke rekening tujuan kamu yang bisa kamu download. FLIP juga akan mengirimkanmu bukti transfer ke rekening tujuan melalui email.
  11. Kode unik yang tadinya kamu tambahkan pada nominal transfer ke perusahaan FLIP, jadinya akan dikembalikan ke saldo FLIP kamu. Silahkan masuk ke halaman utama aplikasi FLIP. Di bagian atas, sudah tertera jumlah saldo yang nantinya akan diakumulasikan setiap kamu melakukan transaksi.

Untuk mengamati transaksi yang kamu lakukan sebelumnya, kamu hanya perlu masuk ke menu "Transaksi". Pada halaman utama aplikasi, tekan tombol "Transaksi" di bagian bawah, tepat di sebelah tombol "Kirim Uang Gratis". Di sana telah tersedia catatan transaksi yang selama ini kamu lakukan menggunakan layanan FLIP.

Dari Mana FLIP Mendapatkan Keuntungan?

Sebagai perusahaan, PT. FLIP tentunya tetap meraup keuntungan dari layanan yang disediakan. Ada beberapa sumber pendapatan perusahaan ini. Salah satunya adalah akun premium yang membutuhkan biaya untuk registrasinya. Akun premium FLIP akan diberikan kelebihan dibandingkan akun biasa. Pengguna dengan akun premium akan didahulukan transaksinya ketika antrean transaksi di FLIP menumpuk. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca pada laman resmi FLIP, di https://flip.id/site/biaya.

Jadi, FLIP sudah terbukti aman dan legalitasnya pun dijamin karena berada di bawah naungan Bank Indonesia. Jika kamu masih ragu, saya akan menampilkan bukti keberhasilan transaksi yang saya lakukan. Saya melakukan transfer dana dari rekening Bank Syariah Indonesia ke Bank Mandiri. Dan dana yang telah saya kirimkan ke perusahaan FLIP telah ditransfer ke rekening tujuan saya. Berikut adalah screenshot bukti transfer dari perusahaan FLIP ke Bank Mandiri saya:

Bukti Transfer - Cara Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin

Referensi:

https://flip.id/

Post a Comment for "Cara Transfer ke Bank Lain Tanpa Biaya Admin Alias Gratis!"