Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukti Bahwa Menulis Perlu Proses, Baca Tulisan Kocak Ini!

Menulis adalah suatu kegiatan yang perlu pembiasaan. Sesekali memang perlu ada eksplorasi, tapi semua itu tidak ada artinya kalau tanpa aplikasi. Semuanya memerlukan proses untuk bisa membuat karya tulis yang digemari para pembaca.

Gambar Seseorang Sedang Mengetik di Keyboard Komputer

Banyak yang mengatakan, "Saya mau belajar menulis. Tapi tulisan saya jelek. Mungkin saya tidak ada bakat untuk membuat karya tulis,". Ingat bahwa penulis profesional lahir dari berbagai kekurangannya. Tulisan yang kamu baca di buku, majalah, koran, portal web, dan semacamnya adalah tulisan yang bisa jadi tulisan yang telah dibangun atas dasar kritikan, komentar pedas, dan pengalaman penulisnya. Pernah tidak kamu berpikir, bagaimana Habibulrahman membuat tulisan pertamanya? Atau, bagaimana seorang Raditya Dika mengawali karir dari seorang penulis blog menjadi penulis skenario?? Kamu bisa searching tentang tulisan-tulisan pertama Raditya Dika yang isinya sederhana. Berbicara tentang aktivitas sehari-hari, menggunakan bahasa lokal betawi, dan isinya lahir dari hati.

Di bawah ini juga saya tampilkan tulisan-tulisan acak saya yang sebelumnya sudah dimuat dalam blog-blog saya terdahulu. Isinya bukanlah tulisan yang mapan, tapi hanya tulisan ala kadarnya. Yuk, simak tulisan kocak saya sewaktu imut-imutnya! Hehehe...

Proses Perkenalan dan Keakraban

Ditulis pada Minggu, Agustus 05, 2012 - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh

Salam kenal pembaca. Ini adalah kali pertama saya di blog baru ini Perkenalkan nama saya Ismail Naharuddin. Saya juga penulis dari suatu blog namun tak perlu saya promosikan disini karena tipe blog yang begitu jauh berbeda.

Nah, sekarang saya mau bertanya kepada anda. Pernahkah anda berfikir bahwa berkenalan dengan seseorang itu adalah suatu hal yang luar biasa? Pasti sebagian daripada anda berfikir bahwa berkenalan itu ialah hal yang biasa biasa saja untuk dilakukan.

Namun, saya mempunyai pendapat yang lain. Bagi saya perkenalan adalah suatu hal yang sangat luar biasa. Perkenalan bukan hanya dengan mengetahui nama orang yang kita jumpai lalu berjabat tangan. Perkenalan bagi saya tidak jauh beda dengan pertemanan. Mengapa begitu? Saya yakin kalau anda berfikir pasti anda temukan jawabannya.

Tips dari saya tentang cara berkenalan dengan seseorang:

Berjabat Tangan

Anda tentu tahu dengan langkah yang pertama ini. Yaitu dengan mengatakan kalimat sapaan lalu berjabat tangan.

Kenali Lebih Dalam Orang Itu

Janganlah dulu terlalu dekat dengan seseorang itu. Kenali dululah satu sama lain. Kenali lebih dalam orang tersebut. Kenali wataknya, kalau perlu kenali raut mukanya saat dia sedang sedih, marah, ataupun bahagia :)

Jalinlah Sebuah Kekaraban

Setelah anda mengenali atau mengetahui identitas atau pun mengenali watak seseorang tersebut, berusahalah untuk menjalin sebuah keakraban dengannya. Namun ingat ! semakin anda akrab semakin pula perbedaan pendapat sering muncul. Maka berhati hatilah. Karena seperti tiulah pengalaman yang sering di dapatkan oleh si penulis dalam kehidupan ini.

Nah, mungkin anda berfikir bahwa semua tips di atas ialah mudah untuk dilakukan. Namun bagi saya itu adalah sesuatu hal yang sangat sukar apalagi pada poin ke 2 dan 3. Untuk mempertahankan keakraban itu sangatlah susah. Karena dalam pengalaman saya pribadi jaranglah dalam suatu kelompok itu ada yang namanya persamaan pendapat antara si A dan si B.

Sekian lah tips dari saya moga moga bermanfaat dan jika ada kata kata yang tidak berkenan maka mohon di maafkan

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Diambil dari: http://remyzar-writer.blogspot.com/2012/08/proses-perkenalan-dan-keakraban.html.

Buras Khas Lebaran Sulawesi Selatan

Ditulis pada Sabtu, Agustus 18, 2012 - Assalamu'alaikum. Nah, kembali lagi nih. Pada hari lebaran begini enaknya makan makanan khas dari daerah Sulawesi Selatan, dan salah satunya yaitu Buras. Buras ialah makanan yang memiliki beberapa bahan yang sama dengan dengan ketupat yaitu beras.

Namun makanan ini dikenali dengan bentuk yang berbeda dengan ketupat. Buras dapat anda kenali dengan bentuk yang lebih memanjang dari ketupat. Buras di bungkus dengan daun pisang. Makanan ini juga banyak dibuat sebagai pengganti ketupat di beberapa daerah Sulawesi Selatan. Tentunya bukan hanya pada saat lebaran.

Buras juga dapat anda temui di berbagai rumah makan yang tersedia di wilayah Sulawesi. Karena memang sebagai pengganti nasi, makanan ini sudah banyak di gunakan untuk makanan pokok ketika lebaran tiba. Pokoknya tidak kalah hebat deh dengan Ketupat !

Sekian dulu yah pengenalan buras dari saya :D Wassalaamu'alaikum . . .

Diambil dari: http://remyzar-writer.blogspot.com/2012/08/buras-khas-lebaran-sulawesi-selatan.htmlhttp://remyzar-writer.blogspot.com/2012/08/buras-khas-lebaran-sulawesi-selatan.html.

Cara Mempertahankan Rasa Percaya Diri

Ditulis pada Jumat, Agustus 31, 2012 - Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh. Akhirnya ada juga waktu untuk update lagi. Karena di skolah lagi padat banget jadwalnya. Bayangin aja jam 5 baru pulang ! Nyampe di rumah eh kelelahan deh !

Tapi Alhamdulillah ya kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang berjudul Bagaimana Cara Mempertahankan Rasa Percaya Diri.

Percaya Diri dapat diartikan sebagai suatu kepercayaan dari seseorang bawha dia bisa melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin dan sesuai harapannya. Orang yang percaya diri bukan berarti NARSIZ. Namun orang yang percaya diri ialah orang yang bisa membuktikan dan juga yakin bahwa ia bisa.

Tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Bila kita yakini Insya Allah keinginan kita untuk menjadi yang kita harapkan bisa tercapai. Namun tentunya juga dengan rasa Iman kepada Sang Penguasa yaitu Allah SWT.

Lalu, cara anda yang paling cocok untuk mendapatkan rasa Kepercayaan Diri anda ialah sebagai berikut:

1. Rileks

Jikalau anda sedang dalam keadaan yang tak biasanya yang anda jalani. Atau bisa juga jika anda sedang mengalami yang namanya demam panggung, maka anda sebaiknya rileks dan yakin bahwa semua akan baik baik saja.

2.Tataplah ke depan

Tetaplah menatap ke arah di mana seharusnya anda berbicara atau melakukan sesuatu. Dan fokuskan kegiatan yang sedang anda jalani.

3. Jangan peduli pendapat atau penilaian orang lain

Janganlah anda sekali kali terpengaruh akibat penilaian orang lain terhadap diri anda. Karena akan merusak dan mengganggu ketenangan hati anda serta akan membuat anda berfikir keras untuk menyempurnakan apa yang dikatakan salah oleh orang lain.

4. Berdoalah

Nah, inilah yang tidak boleh terlupakan oleh kita umat manusia. Satu satunya yang paling penting ialah berdoa kepada Allah SWT dan yakin bahwa ia akan membantu kita untuk keluar dari masalah yang kita hadapi.

Sekian dulu untuk tips dari saya. Semoga bermanfaat :D

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh

Diambil dari: http://remyzar-writer.blogspot.com/2012/08/cara-mempertahankan-rasa-percaya-diri.html" target="_blank">http://remyzar-writer.blogspot.com/2012/08/cara-mempertahankan-rasa-percaya-diri.html.

Itulah beberapa tulisan terdahulu saya yang terlalu manis untuk saya lupakan. Ketika membacanya saja saya hanya tersenyum-senyum sendiri. Bukan merasa saya telah berhasil menjadi apa-apa dari apa-apa, tapi merasa bahwa saya pernah melalui masa-masa yang saya tidak banyak tahu, minimnya pengalaman dan banyaknya kesalahan.

Maka dari itu, bagi kamu yang mempunyai keinginan menjadi seorang penulis, bukan saatnya lagi untuk mengeluarkan kata-kata "saya tidak berbakat", "tulisan saya jelek", atau sebagainya. Kamu tidak memulai maka kamu tidak dapat apa-apa. Lebih baik salah daripada tak berjalan, dan lebih baik dikritik daripada tak mendapat kepuasan hati. Tetaplah menulis untuk kemajuan bangsa!

1 comment for "Bukti Bahwa Menulis Perlu Proses, Baca Tulisan Kocak Ini!"

  1. Intinya harus dicoba, kalau gak pernah coba gak akan tahu krg nya dimanaa

    ReplyDelete