Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Pembaca Layar Portabel Berjalan Otomatis

Bagi pengguna pembaca layar komputer, sebagian besar memilih untuk menyetel agar program pembaca layar berjalan secara otomatis ketika komputer dihidupkan. Hal ini untuk memudahkan mereka untuk mengetahui keadaan komputer apakah telah hidup atau belum. Secara pribadi, hal ini pun berlaku untuk saya sendiri. Karena seperti yang diketahui, Windows 10 tidak memberikan fitur notifikasi tatkala komputer dalam keadaan Startup dan memasuki Desktop.

Gambar Seseorang Mengetik di Atas Meja

Beda halnya dengan Windows 7. Komputer yang telah berhasil melewati Logon Screen akan memberikan tanda bunyi jika telah menampilkan Desktop. Jadinya, kita lebih mudah mengetahui kapan waktunya memanggil asisten pembaca layar baik menggunakan shrotcut atau pun dengan menebak posisi shortcut program di tampilan desktop.

Berkaitan dengan pemasangan program pembaca layar di komputer, saya pribadi suatu saat mengalami kendala. Proses instalasi aplikasi telah berjalan dengan baik, bahkan telah muncul pemberitahuan bahwa pemasangan program telah berhasil. Aplikasi pembaca layar yang saya maksud di sini adalah NVDA. Namun, pada kenyataannya aplikasi tidak berjalan sempurna. Bahkan, tidak mengeluarkan suara apa pun alias program pembaca layar membisu.

Setelah menjalankan troubleshooting, mengecek device manager, dan dan pengaturan-pengaturan lainnya dalam menu Settings, tidak ada jalan keluar yang didapatkan untuk bisa memperbaiki masalah ini. Aplikasi pembaca layar tetap tidak memberikan tanda suara apa pun meski telah berhasil diinstall.

Saya lalu memutuskan untuk menjalankan program pembaca layar portabel. Barulah suara khas NVDA terdengar melalui speaker, yang disusul dengan suara e-speak. Akhirnya komputer bisa digunakan dengan program pembaca layar.

Terlepas dari penyebab masalah di atas, cara tersebut bisa digunakan sebagai alternatif jika terjadi hal yang sama. Aplikasi NVDA portabel bisa menjadi pilihan bahkan memberikan kelebihan, yakni:

  1. Simpel/sederhana. Tidak memerlukan proses instalasi aplikasi.
  2. Bisa dicopy ke flashdisk maupun harddisk. Dan tetap bisa dijalankan pada komputer lain.

  3. Tidak memberikan beban penyimpanan pada partisi "C". Karena aplikasinya bisa disimpan pada partisi lain, seperti "Data (:D)" atau yang lain.

Namun, dalam pengaturan NVDA Portabel, kita tidak akan bisa menyetel agar aplikasi berjalan secara otomatis ketika komputer dihidupkan. Ini bukan berarti tidak bisa. Hanya saja vendor tidak memfasilitasi hal itu dalam pengaturan portabel.

Cara yang bisa kita tempuh bukan pada pengaturan aplikasinya, melainkan pada pengaturan komputer itu sendiri.

Cara Mendapatkan NVDA Portabel

Untuk bisa mendapatkan NVDA Portabel, ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama, kamu bisa membuat file portabel dari NVDA yang telah terinstall di komputer, melalui menu NVDA "INSERT + N". Tekan tuts panah bawah untuk mencari menu "Tools", lau tekan panah kiri dan cari "Create Portable Copy", lalu tekan "Enter".

Ketika kotak dialog muncul, tekan tuts "Tab" hingga kedengaran "Browse". Tekan "ENTER" di situ lalu carilah folder yang akan kamu gunakan untuk menyimpan NVDA Portabel. Setelah terpilih, tekan lagi "Tab" dan "ENTER" pada "Continue". Tunggu hingga selesai.

Cara kedua, kamu bisa mendownload secara gratis melalui website Blindhelp.net. Kamu tinggal mencari link download untuk versi portabel di halaman itu. Dan download secara otomatis akan berjalan.

Cara Menjalankan NVDA Portabel Secara Otomatis

Pada folder NVDA Portabel, arahkan kursor pada "NVDA.exe", lalu tekan tuts "CTRL + C" untuk mengcopy. Tekan tuts yang berlogo Windows, ( atau biasa disebut Start Menu ) sembari menekan tuts "M" untuk kembali ke Desktop. Tekanlah tuts aplikasi, yakni tombol yang sama fungsinya dengan klik kanan pada mousepad, lalu carilah "Paste Shortcut" dan "ENTER". Hal ini untuk memudahkan kamu jika ingin merestart NVDA nantinya.

Tidak sampai di situ. Tekan kombinasi tuts "Windows + R" untuk masuk ke menu "Run". Pada kotak edit yang memberikan keterangan "Type the name of the program blablabla", ketikkan "shell:startup" ( tanpa tanda kutip ) lalu tekan "ENTER". Setelah muncul jendela baru, lakukan hal yang sama seperti sebelumnya, yakni menekan tombol aplikasi lalu pilih "Paste Shortcut".

Kamu bisa mengetes apakah NVDA Portabel telah berhasil disetel untuk dijalankan secara otomatis dengan merestart komputer kamu. Oh iya, jika kamu sebelumnya telah menginstall NVDA yang bukan portabel, kamu semestinya tidak mencentang agar NVDA yang bukan portabel tersebut berjalan secara otomatis. Karena hal tersebut akan membuat tabrakan antara program NVDA yang sudah terinstall dengan NVDA Portabel.

Caranya, kamu harus masuk dulu ke aplikasi NVDA yang bukan portabel, lalu tekan "INSERT + N", cari "Preferences", lalu tekan panah kanan. Pada menu "Settings", tekan "ENTER".

Pada kotak dialog "General Normal Configuration", tekan tuts "Tab" sampai kedengaran, "Automatic Start NVDA after i logon to Windows", lalu tekan Spacebar untuk menghilangkan centangnya. Setelah itu cari tombol "Apply", lalu tekan "OK". Saat ini, kamu sudah bisa merestart komputer kamu dan membuktikan hasilnya.

Cara ini juga bisa digunakan untuk aplikasi lain selain NVDA atau pembaca layar lainnya. Intinya jika kamu mempunyai program portabel yang diinginkan berjalan secara otomatis ketika komputer dihidupkan, kamu bisa mengikuti tutorial ini, tepatnya dimulai pada tahap memasuki menu "Run", yang telah dijelaskan di atas.

Post a Comment for "Cara Membuat Pembaca Layar Portabel Berjalan Otomatis"