Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Auto Admit Peserta di Google Meet

Pertemuan secara virtual, atau biasa dikenal dengan istilah daring, meeting online saat ini banyak dilakukan setelah penyesuaian diri dengan kondisi pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak agar terhindar dari paparan virus corona. Banyak aplikasi komunikasi jarak jauh yang bermunculan, dan dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, kantor dan penyuluhan. Padahal, sebelumnya telah ada aplikasi serupa, namun tak sama. Kita mengenal teknologi Video Call, Teleconference, aplikasi "Skype", "Whatsapp", dan "Messenger". Semua aplikasi tersebut mampu menghubungkan satu hingga beberapa orang dalam satu kanal, yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dari jarak jauh.

Gambar Seseorang Mengetik di Atas Meja

Mengapa serupa tapi tak sama? Aplikasi yang disebutkan di atas, awalnya diperuntukkan untuk komunikasi jarak jauh. Terkhusus untuk komunikasi dua arah, atau hanya terdiri dari dua pengguna. Sehingga untuk melangsungkan pembelajaran jarak jauh misalnya, dibutuhkan fitur yang bisa menunjang kegiatan pembelajaran secara daring. Akhirnya muncullah aplikasi "Zoom", "Google Meet", "Cloud" dan semacamnya. Yang menjadi pembeda dari aplikasi sebelumnya adalah, lebih besarnya kapasitas pengguna, bisa mematikan dan menghidupkan audio dan video masing-masing agar tidak bertabrakan dengan pengguna lain, memungkinkan pengguna membagikan dokumen untuk dipresentasikan ke pengguna lain, dan masih banyak lagi yang mana hal tersebut tidak terdapat pada aplikasi di atas sebelumnya. Walau pada akhirnya pengembang aplikasi tersebut mulai menyesuaikan dan membuat fitur serupa dengan Zoom, Google Meet dan sebagainya, namun keberadaannya tidak sepopuler yang dibayangkan.

Dua aplikasi yang mendapatkan atensi terbanyak adalah Zoom dan Google Meet. Dari segi kualitas audio, banyak yang mengunggulkan Zoom dibandingkan Google Meet. Namun, pertemuan dengan menggunakan aplikasi ini hanya bisa berlangsung selama 40 menit. Jika ingin memperpanjang waktu pertemuan, pengguna diharuskan meningkatkan akun menjadi premium terlebih dahulu dengan menyiapkan budget tentunya.

Beda halnya dengan Google Meet, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pertemuan daring tanpa batas waktu. Walau fiturnya tidak sekompleks pesaingnya, Zoom. Namun, setidaknya aplikasi ini bisa menjadi alternatif. Salah satu yang menjadi kekurangan Google Meet adalah, tidak adanya fitur yang bisa menyetel participant untuk masuk secara otomatis saat pertemuan berlangsung.

Contoh ilustrasi: Kamu akan mengadakan rapat bersama 20 orang anggota. Setelah tautan ke ruang rapat telah dibagikan kepada mereka, kamu akhirnya membuka ruangan dan mempersilahkannya masuk. Satu persatu dari mereka memasuki ruang pertemuan. Ingat, setiap satu orang participant ingin bergabung ke pertemuan kita selalu muncul notifikasi yang menanyakan, apakah kamu mengizinkan orang tersebut untuk bergabung atau tidak. Jadinya, sebanyak 20 kali kamu harus menekan tombol "Admit".

Dari ilustrasi di atas, menekan tombol "Admit" berkali-kali nampaknya kurang kondusif, apa lagi jika seorang pemimpin pertemuan kebetulan juga seorang host. Bayangkan, jika kamu tengah menjelaskan sesuatu dan perhatianmu harus terbagi hanya karena seseorang ingin bergabung dalam pertemuan itu.

Di aplikasi Zoom, kamu bisa menyetel seseorang bisa bergabung secara otomatis tanpa persetujuan dari host. Beda halnya dengan aplikasi berlabel "Google" ini. Kamu tidak akan bisa menemukan setelan yang mengatur cara mengizinkan peserta untuk masuk secara otomatis pada pertemuan yang kamu lakukan. Lantas, bagaimana caranya? Simak uraian tentang cara setel auto admit participant di Google Meet di bawah ini!

Pasang Ekstensi Google Chrome

Untuk bisa auto admit peserta di Google Meet, cara ini hanya berlaku menggunakan perangkat komputer. Kamu belum bisa melakukan cara ini menerapkan cara ini di Smartphone. Pun, kamu harus menggunakan browser Google Chrome agar bisa mengizinkan participant bergabung secara otomatis. Caranya:

  1. Kunjungi laman berikut melalui Google Chrome Browser, Chrome Web Store.
  2. Pada kolom pencarian, ketikkan "Google Meet Auto Admit", lalu Enter.
  3. Pada hasil penelusuran, di bagian Google Meet Auto Admit pilih "Pasang/Install".
  4. Masuk ke Setelan Chrome dengan memilih menu, kemudian Setelan. Dan cari "extensions". Lalu pada daftar Add on Chrome, cari Google Meet Auto Admit dan pastikan ekstensi tersebut telah aktif.
  5. Silahkan membuka Google Meet menggunakan Google Chrome Browser, dan Enjoy!

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengizinkan peserta masuk secara otomatis di Google Meet. Tutorial ini sangat membantu jika kamu adalah seorang pengajar, atau pegiat yang sering mengadakan webinar. Semoga bermanfaat!

1 comment for "Cara Membuat Auto Admit Peserta di Google Meet"

  1. Cocok untuk host yang memiliki signal buruk, sehingga peserta mudah masuk tanpa menunggu diadmit dulu. Yuk kunjungi website kampus kami https://walisongo.ac.id/

    ReplyDelete
Advertisement: Dapatkan Layanan Domain dan Hosting Murah!