Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ismail Naharuddin

Lahir di Ujung Pandang, 25 Februari 1997. Berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan. Berdarah Bugis asli Sidenreng Rappang dan merupakan anak bungsu dari dua bersaudara.

Mengenyam pendidikan dasar pada tahun 2002-2009 di SD INPRES Panaikang 1/I Makassar, kemudian melanjutkannya di SMPN 23 Makassar pada tahun 2009-2012. Karena ketertarikan dengan bidang teknologi, akhirnya memilih terjun pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, SMK Telkom Sandhy Putra 2 Makassar. Memilih vakum dari dunia pendidikan saat mengalami ketunanetraan di pertengahan tahun 2013 hingga kembali melanjutkannya pada tahun 2015 di SLB A YAPTI Makassar. Dan pada rentang tahun 2017 hingga 2021, gelar Sarjana Ilmu Komunikasi berhasil diraih dari Program Studi Ilmu Komunikasi, dengan konsentrasi jurusan Jurnalistik, Universitas Islam Makassar.

Pertama kali mengenal dunia blogging di tahun 2009, sehingga terjun dengan blog copas yang beralamat http://lembaran-artikel-menarik.blogspot.com. Setelah bertahun-tahun menggeluti bahasa pemrograman web, akhirnya di tahun 2012 merasa perlu membuat blog yang terdiri dari konten orisinil dari hasil pemikiran dan pengetahuan sendiri, beralamat di http://remyzar-writer.blogspot.com.

Pada tahun 2019, mendirikan platform media tulis dengan CMS sederhana buatan pribadi menggunakan brand "CoretanDifabel". Namun, dikarenakan aktifitas perkuliahan dan organisasi, layanan hosting website tersebut terpaksa tidak dilanjutkan. Akhirnya di tahun 2020 dengan semangat dan perspektif yang baru, berinisiatif memasyarakatkan motto "Coretan Partisipatif" yang awalnya hanya disisipkan sebagai tagar dalam beberapa status Facebook pribadi admin.

Saat ini tengah memikul amanah sebagai Sekretaris Daerah Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) Sulawesi Selatan sejak tahun 2019. Selain itu, berkesempatan pula menjadi bagian dari Departemen Sosial Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAIKOM) FISIP UIM dalam periode 2019-2020. Di masa putih abu-abu, pun aktif sebagai anggota Ikatan Remaja Masjid Telkom (IKRAMTEL) SMK Telkom Sandhy Putra 2 Makassar dan menjadi Wakil Sekretaris Mushola Tarbiyatul Ummah milik Yayasan Pembinaan Tunanetra Indonesia (YAPTI) Makassar pada tahun 2016-2017.

Fokus utama saat ini adalah berpartisipasi membangun SDM yang cerdas dan berkarakter di kalangan anak-anak muda, serta menggaungkan lingkungan yang inklusif agar masyarakat dapat hidup berdampingan tanpa meminggirkan keberadaan kelompok disabilitas sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang mana hak asasinya dilindungi oleh negara.

Media Sosial