Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas

Coretan Partisipatif adalah sebuah media yang memberikan ruang bagi warganet untuk berekspresi dalam konteks pembangunan Indonesia yang lebih maju. Mengingat bahwa perjuangan dalam merebut kemerdekaan atas penjajahan yang diderita oleh bangsa di waktu silam dilakukan melalui tulisan pada surat kabar. Maka sudah sepantasnya media yang telah berkonvergensi saat ini dijadikan wadah dalam melanjutkan tongkat estafet para pejuang dan pemikir di masa lalu.

Logo Coretan Partisipatif

Di tengah maraknya konten-konten audio visual saat ini, Coretan Partisipatif justru hadir dengan konsep bacaan yang tentunya dapat menjadi bahan kreasi bagi anak-anak muda pula. Sebab admin yakin, aksara tidak akan pernah mati walaupun teknologi terus berkembang. Perkembangan tersebut tentu membawa dampak yang tidak selalu positif. Gejala yang amat ironi adalah, ketika dunia maya yang saat ini seolah mampu merepresentasikan dunia nyata berhasil menarik para generasi sehingga apatis terhadap lingkungan sosialnya. Sejauh mana kita mampu memahami kebutuhan sendiri akan arus modernisasi yang tanpa henti?

Teknologi bisa saja membuat candu. Akibatnya, hal-hal substansial yang sepatutnya mendapatkan perhatian sudah tidak dihiraukan lagi. Pemikiran kritis akan menciut terlena dengan kenyamanan surga dalam jaringan. Contoh, seorang remaja yang notabene adalah mahasiswa, lebih cenderung mencari kenyamanan dalam sosial media dibanding turut prihatin terhadap kondisi pemerintahan yang berlangsung. Atau, kesenangan yang didapatkan dalam pergaulan ternyata mampu memalingkan perhatian dari apa yang seharusnya dikaji oleh anak-anak muda. Tidak sampai disitu. Ancaman akan pudarnya nilai-nilai yang selama ini menjadi ciri khas bangsa Indonesia dikarenakan bebasnya akses budaya yang sulit dibendung di zaman globalisasi ini. Jangan sampai kita tidak mampu lagi mengenali yang mana budaya luhur bangsa dan yang mana budaya pendatang dari luar.

Selanjutnya, partisipasi seluruh masyarakat dalam membangun bangsa adalah satu tujuan yang ingin disuarakan oleh media ini. Kita mengenal aneka ragam perbedaan baik dunia maupun Nasional. Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari segi fisik, adat istiadat dan kemampuan. Disabilitas serta kaum marjinal merupakan bagian dari elemen bangsa yang mempunyai hak warga negara serta sudah sepatutnya terhindar dari perlakuan diskriminatif.

Oleh karena itu, Coretan Partisipatif hadir dengan tujuan sebagai sarana aspirasi, edukasi dan ekspresi bagi seluruh elemen masyarakat khususnya anak-anak muda. Admin membuka ruang kepada siapa saja untuk menuangkan gagasan atau karya apapun seperti sastra dan seni.

A. Visi dan Misi

  • Visi Coretan Partisipatif adalah melestarikan aksara sebagai salah satu media dalam aktifitas literasi masyarakat demi sebuah bangsa yang cerdas di tengah pesatnya arus teknologi.
  • Misi Coretan Partisipatif dapat dijabarkan ke dalam beberapa poin sebagai berikut:
    1. Menyajikan perkembangan teknologi terkini sebagai bahan untuk pengetahuan dan wawasan masyarakat.
    2. Menyajikan informasi umum sebagai bahan referensi tambahan bagi masyarakat.
    3. Mengulas ragam perspektif terhadap topik tertentu untuk memperkaya cakrawala berpikir pembaca.
    4. Memantik dorongan emosional, nalar dan kritis melalui sajian narasi dalam bentuk kolaboratif antara aksara dan konten visual.

B. Sorotan Topik

Sajian konten pada Coretan Partisipatif berfokus pada sorotan terhadap topik-topik di bawah ini:

  • Teknologi, meliputi:
    1. Perkembangan dan panduan perangkat keras.
    2. Perkembangan dan panduan perangkat lunak.
  • Sosial Kemasyarakatan, meliputi:
    1. Perspektif disabilitas
    2. Masyarakat modern
    3. Wawasan Nusantara
    4. Sejarah kemerdekaan Indonesia

C. Bentuk Sajian Konten

Konten-konten yang disajikan dalam Coretan Partisipatif dikemas dalam bentuk di bawah ini:

  1. Jurnalistik Feature
  2. Prosedural teks (Tutorial)
  3. Opini
  4. Essay
  5. Karya Sastra

Makassar, 9 April 2022