Monday, June 15, 2020

Cara Mudah Membuat Blog

  Ismail Naharuddin       Monday, June 15, 2020

Bagi kamu yang ingin membuat blog, bisa mengikuti langkah - langkah di bawah ini. Pada tutorial kali ini saya akan memberikan panduan mengenai Cara membuat blog dengan CMS Blogger.



Sebelum saya memaparkan tentang cara membuat blog, ada baiknya kalau saya terlebih dahulu menjelaskan istilah yang satu ini. CMS adalah singkatan dari Content Management System. Dengan CMS maka akan memudahkan kita untuk mengelola isi halaman web kita tanpa harus banyak berurusan dengan syntax kode. Cukup dengan menguasai navigasi pada dasbor, maka akan sangat memudahkan dalam menulis artikel, menambahkan halaman bahkan mendesain blog sekalipun.


CMS yang sangat populer di Indonesia dan yang sangat saya kenali tentunya xD itu ada dua, yakni Wordpress.com dan Blogger.com. Mengenai apa perbedaan dari dua CMS ini dapat disimak pada uraian berikut:


Wordpress maupun Blogger sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok menurut saya. Hanya dari segi fitur, yang saya ketahui wordpress lebih cenderung mendukung bahasa pemrograman php, sementara blogger lebih cenderung menggunakan Javascript dalam hal pemrograman.
Dalam hal pengelolaan database, wordpress menggunakan MySQL sementara blogger menggunakan XML.

Mohon dikoreksi kalau salah yah gan :D


Nah, itu dia sekedar pengenalan singkat untuk istilah CMS. Sekarang mari kita langsung kepada langkah untuk membuat blog. Oh iya, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara membuat blog dengan CMS Blogger.com.

Mengapa Blogger.com?

Dengan berbagai pertimbangan, salah satunya ialah karena saya lebih sering menggunakan blogger xD Tapi selain itu, mengingat bahwa blogger adalah milik om Google, maka fitur yang dapat kita manfaatkan nantinya ialah memasangkan iklan pada blog kita. Yang nantinya akan menjadikan sumber penghasilan tambahan... Menarik bukan?


Tanpa banyak basa basi lagi, berikut adalah tutorial tentang cara membuat blog dengan CMS Blogger:

  1. Kunjungi situs https://www.blogger.com.
  2. Jika sudah muncul tampilan utama blogger, klik pada tulisan Create Your Blog!
  3. Setelah itu, akan muncul tampilan yang mengharuskan kamu memilih akun google, kllik pada akunmu dan login. nb: kalau akunmu tidak ada dalam daftar tersebut, pilih Gunakan Akun yang Lain!
  4. Setelah login, pada tampilan konfirmasi profil isikan nama kamu lalu klik tombol Continue to Blogger!
  5. Langsung klik tombol Create New Blog.
  6. Sekarang kamu berada pada menu settingan blog baru. Silahkan masukkan judul blog dan alamat blog yang kamu inginkan. Ingat! sertakan ".blogspot.com" pada alamat blog kamu.
  7. Pada bagian bawah dari kotak edit alamat, kamu diharuskan memilih salah satu tema yang nantinya akan dijadikan desain blog kamu. Silahkan pilih salah satu yang menurutmu matching dengan tulisanmu nantinya.
  8. Setelah itu, tekan Create Blog

Secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman dashboard. Halaman dashboard dapat kamu gunakan untuk mengelola blog seperti membuat tulisan baru, menambahkan halaman, serta mengatur tata letak widget dan berbagai setelan lainnya dapat kamu utak atik disini... hehehee...


Biasanya, blogger akan menawarkan untuk mengupgrade domain ke domain premium seperti .com, .net, atau .co.id. Silahkan pilih tombol No, Thanks! untuk menghilangkan kotak dialog ini.

Menu pada Dashboard

Pada dashboard, kamu bisa menjelajah menu yang tersedia seperti membuat tulisan baru, melihat blog pada tab baru, menambahkan halaman atau widget dan melakukan beberapa setelan. Oh iya, disini kamu juga mendapatkan fasilitas tracking. Apa itu fasilitas tracking?


Ialah suatu cara untuk meninjau seberapa jauh perkembangan blog yang telah kamu kelola. Disini kamu akan mendapatkan informasi mengenai jumlah tayangan pada halaman blog, berapa jumlah pengunjung dan dari mana asal pengunjung tersebut.


Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan memulai memposting tulisan! Dan gunakan form di bawah untuk mengajukan pertanyaan...


Sekian artikel tentang Cara Mudah Membuat Blog. Mudah-mudahan bermanfaat, dan selamat mencoba!

logoblog

Thanks for reading Cara Mudah Membuat Blog

Previous
« Prev Post

No comments: