Monday, June 15, 2020

Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Mesin Pencari Google

  Ismail Naharuddin       Monday, June 15, 2020

Halo sobat! Dari judulnya saja sudah ketahuan mau nulis apa... Hehehe.... Yups! Kali ini saya mau bagi tutorial tentang cara mendaftarkan blog ke Mesin Pencari Google. Seorang blogger pastinya ingin tulisan yang telah dibuatnya bisa dibaca oleh banyak orang. Untuk itu, mendaftarkan blog ke mesin pencari Google adalah hal yang sangat tepat. Mengingat Google adalah satu-satunya mesin pencari paling populer di dunia. Dengan mendaftarkan blog ke Google, maka kamu sudah punya pegangan agar para pembaca bisa menemukan tulisanmu.



Sebelum memulai, ada baiknya kita terlebih dahulu mengulik tentang sebuah platform yang nantinya akan menjadi operator untuk memberi akses ke blog kita. Namanya adalah Google Search Console. Google Search Console memberikan fasilitas untuk penambahan situs ke database Google, sehingga nantinya Google akan menampilkan situs yang didaftarkan pada hasil penelusuran apabila kata kuncinya relevan dengan situs tersebut. Selain itu, dengan menggunakan layanan Google Search Console, berbagai fitur seperti pemantauan jumlah pembaca, penayangan pada penelusuran, dan klik pada hasil pencarian juga bisa dimanfaatkan untuk meninjau perkembangan situs.


Saya rasa pengenalan tentang Apa itu Google Search Console secara sekilas sudah bisa dipahami. Selanjutnya, mari kita beralih pada pembahasan tentang cara mendaftar Google Search Console. Nah, bagi kamu yang menggunakan CMS blogger, bisa mengikuti langkah - langkah di bawah dari awal sampai akhir. Tapi kalau kamu menggunakan CMS sendiri, kamu mesti membuat terlebih dahulu file yang bernama sitemap.xml.


Sitemap adalah daftar semua URL yang mengarah ke halaman - halaman yang ada di blog kamu. Seperti profil, artikel kamu, label, dan halaman lainnya. Untuk membuat sitemap, kamu tidak perlu repot dengan code xml. Cukup gunakan website Sitemap Generator yang banyak bertebaran di Google xD Salah satunya ialah https://www.xml-sitemaps.com/. Silahkan kunjungi halaman tersebut dan isikan alamat blogmu ke kolom edit lalu tekan enter. Setelah itu, tekan tombol "Download Sitemap" lalu upload ke direktori public_html pada website kamu.


Cara Mendaftarkan Blog ke Google


  1. Silahkan kunjungi https://search.google.com/search-console/about.
  2. Silahkan klik pada link Buka Google Search Console.
  3. Biasanya secara otomatis ketika kamu baru mengunjungi laman Search Console, Google akan menampilkan tampilan lamanya. Kalau ini terjadi, silahkan cari tombol Add a Property. Sedangkan kalau kamu mendapatkan tampilan terbaru, cari Tambahkan Properti. Intinya adalah tombol Tambahkan Properti.
  4. Pada kolom edit, isikan dengan alamat blog kamu. Contoh namaku.blogspot.com. Lalu tekan tombol Terus atau OK.
  5. Nah, kalau kamu pakai CMS sendiri, setelah ini kamu akan disuruh memverifikasikan website yang ditambahkan barusan. Silahkan download file yang diinstruksikan lalu upload pada File Manager di Cpanel hosting kamu (tepatnya pada direktori public_html ). Kemudian klik tombol Verify. Jangan lupa untuk mengupload file sitemap.xml yang telah didownload dari stemap generator tadi.
  6. Kemudian pada halaman utama Search Console, cari menu Peta Situs.
  7. Kemudian akan muncul kolom kotak edit. Isikan dengan alamat URL ke file sitemapmu. Untuk blogger dan CMS sendiri, silahkan isi dengan sitemap.xml atau kamu bisa mengisi dengan URL Sitemap lengkapmu. Contoh: https://www.coretanpartisipatif.web.id/sitemap.xml. Setelah itu tekan Enter.
  8. Selesai xD

Sekarang kamu tinggal menunggu blog kamu terdaftar di mesin pencarian Google. Biasanya waktu pengindexan tidak lebih dari satu hari. Namun, untuk website yang baru didaftarkan, biasanya akan membutuhkan waktu untuk Google mengindex semua halaman yang ada. Jadi bersabarlah!


Kamu juga perlu menambahkan berbagai jenis properti URL pada situs kamu. Misalnya, http://www.namablogmu.com dan https://www.namablogmu.com. Cara menambahkan properti ini kamu tinggal menuju ke Menu Utama pada bagian atas halaman, lalu pada bagian "Pilih Sumber Daya", pilih "Tambahkan Properti". Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengenalan Google BOT terhadap blog kamu. Ingat bahwa untuk memaksimalkan pengindexan blog kamu juga harus menggunakan tampilan Mobile Friendly. Silahkan ganti tema pada blogmu dengan tema Responsive yang bisa kamu searching di Google.


Terakhir, silahkan kamu klik pada bagian Telusuri Properti di atas, kemudian isikan dengan domain blogmu. Contoh: lalala.com. Setelah itu, akan muncul tampilan Inspeksi Laman. Silahkan klik tombol "Minta Pengindexan - Minta Lagi". Tunggu beberapa menit hingga permintaan berhasil, lalu pilih tombol Oke.


Sekarang kamu tinggal menunggu hingga blog kamu selesai ditinjau oleh Google BOT. Google BOT adalah sebuah mesin yang bertugas meninjau sebuah situs dan memutuskan apakah situs tersebut layak untuk ditambahkan ke database Google. Biasanya proses ini tidak memakan waktu hingga sehari. Jadi, untuk memantau apakah blogmu sudah terdaftar di Google, masukkan alamat blogmu pada kotak penelusuran di halaman https://www.google.co.id/. Perhatikan apakah blogmu sudah muncul di sana atau belum.


Demikianlah artikel tentang cara mendaftarkan blog ke mesin pencari Google. Semoga bisa membantu sobat dalam meningkatkan traffic pada blog sobat. Sampai jumpa!

logoblog

Thanks for reading Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Mesin Pencari Google

Previous
« Prev Post