Saturday, July 18, 2020

Beginilah Cara Tunanetra "Menonton" Anime

  Ismail Naharuddin       Saturday, July 18, 2020

Anime merupakan jenis film animasi khas dari Jepang yang sangat populer di beberapa kalangan anak muda Indonesia. Ceritanya yang menarik dan kompleks sehingga membuat para penontonnya sulit menebak jalan ceritanya.


Ada beberapa anime yang sangat populer di Indonesia. Seperti yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, yakni Naruto, Boruto, One Piece, dan Dragon Ball. Semua jenis anime tersebut telah tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Sehingga, jenis anime tersebut telah melalui proses penyaduran bahasa yang membuat kita dapat dengan mudah menyimak cerita tanpa melalui bantuan subtitle.


Namun, penayangan anime pada stasiun televisi kita ketahui tidaklah konsisten. Sehingga tidak semua episode pada anime tersebut ditayangkan. Bahkan ada yang penayangannya dihentikan di tengah jalan. Padahal, jalan cerita anime sangatlah panjang dan terkadang mempunyai beragam sesi.


Dengan begitu, untuk bisa tetap mengikuti cerita anime, kita mesti memanfaatkan fitur subtitle agar dapat menyimak percakapan dalam cerita. Sayangnya, aplikasi pembaca layar tidak dapat menjangkau teks pada video. Sehingga, diperlukan cara-cara tertentu agar bisa mengekstrak teks pada video menjadi file subtitle untuk diakses oleh aplikasi pembaca layar.


Untuk bisa melakukannya, kita perlu mengunduh aplikasi Subtitle Edit di link berikut : Download Di Sini!.


Setelah aplikasi terinstall, yang kita butuhkan kemudian ialah file anime berformat ".mkv". Silahkan dapatkan dari berbagai sumber, yang memiliki teks subtitle Indonesia pada videonya.


Jika sudah menemukannya, buka aplikasi Subtitle Edit lalu tekan Ctrl+O, dan pilih file anime yang ingin di-OCR. Setelah itu, tunggu sampai proses selesai.


Jika berhasil, maka kita bisa menyimpan file subtitle yang kemudian bisa diakses oleh pembaca layar kita. Tekan tombol Alt pada keyboard dan carilah pilihan "Save As". Sebaliknya jika muncul peringatan "No Subtitle Found", itu berarti kita tidak dapat mengekstrak subtitle untuk bisa dibaca oleh pembaca layar.


Namun cara tersebut belum sepenuhnya dapat diterapkan untuk berbagai video anime yang tersedia. Teknik tersebut hanya berlaku pada beberapa video tertentu.


Sebagai alternatif, kita bisa memanfaatkan keberadaan berbagai channel Youtube yang menyediakan konten tentang alur cerita anime. Salah satu channel yang menyediakan berbagai konten alur cerita anime ialah Efek Anime. Channel ini telah merangkum berbagai cerita anime mulai dari Naruto, Boruto, One Piece, dan masih banyak lagi. Rangkumannya pun bermacam-macam. Ada yang dirangkum berdasarkan episode, session bahkan dari awal cerita hingga tamat.


Yah, walaupun kita tidak bisa mendengarkan suara dari tokoh favorit kita, tapi setidaknya cara ini sangatlah bersahabat bagi Tunanetra dalam mengikuti perkembangan cerita anime. Setidaknya kita bisa mengetahui alur cerita secara detail tanpa repot melakukan teknik OCR Subtitle.


Channel yang seperti ini patut kita apresiasi karena secara tidak langsung memberikan akses bagi Tunanetra untuk mengikuti cerita anime.


Cara lain yang dapat dilakukan bagi para Tunanetra dalam mengikuti cerita anime ialah dengan memanfaatkan video dengan Dubbing Indonesia. Video anime dengan dubbing Indonesia kini telah banyak tersebar di channel-channel Youtube. Namun, sama seperti anime yang ditayangkan pada stasiun televisi, mungkin jumlahnya tidak banyak dan tidak merangkul seluruh episode pada serial anime tertentu. Hal ini dikarenakan proses dubbing mesti dilakukan oleh beberapa tim dan memerlukan casting vokal yang kriterianya mirip dengan pengisi suara asli.


Jika ingin mendapatkannya, biasanya anime dengan Dubbing Indonesia telah banyak dipasarkan secara online di berbagai e-Commerce dalam bentuk Blu-Ray Disk. Atau kita bisa mengunduhnya dari kawan-kawan netizen yang berbaik hati membagikan filenya.


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Tunanetra dalam mengikuti cerita anime. Memang, masing-masing cara di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun, penulis yakin bahwa kedepannya perkembangan teknologi mampu membackup kebutuhan kawan-kawan Tunanetra dalam hal media visual. Salam Partisipatif! Oh iya. bagi kamu yang punya pengalaman dan berhasil melakukan teknik OCR untuk mengekstrak subtitle, ceritakan pengalamanmu pada kolom komentar di bawah, ya! :D

logoblog

Thanks for reading Beginilah Cara Tunanetra "Menonton" Anime

Previous
« Prev Post

No comments: