Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Instant Translate, Mudahkan Tunanetra Belajar Bahasa Inggris

CORETAN PARTISIPATIF - Salah satu fitur aplikasi pembaca layar yang digunakan tunanetra mengoperasikan komputer, adalah penerjemahan bahasa secara instan. Melalui fitur ini, tunanetra tidak perlu repot membuka halaman Google Terjemahan atau aplikasi serupa untuk melakukan translate.

Gambar Seseorang Mengetik di Laptop

Fitur yang bernama "Instant Translate" ini merupakan add on dari NVDA Screen Reader, salah satu nama aplikasi pembaca layar yang populer digunakan. Sampai versi terakhir NVDA 2023, add on ini masih kompatibel melalui versi 4.5.3. Artinya, add on ini memang telah mengiringi perkembangan NVDA sejak awal dan telah mengalami banyak pengembangan.

Add on ini dapat membantu pengguna untuk menerjemahkan teks yang disoroti, atau yang diucapkan terakhir oleh TTS. Misalnya, saat pengguna sedang membaca artikel berbahasa Inggris dan perlu menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, hanya dengan menekan shortcut tertentu maka hal tersebut dapat dilakukan.

Tentunya ini sangat memudahkan bagi pengguna yang sedang belajar bahasa Inggris, sehingga tidak perlu membuka tab atau jendela baru untuk menjalankan aplikasi terjemahan. Karena diketahui, bagi sebagian tunanetra adalah hal yang merepotkan apabila harus berganti tab atau pun jendela setiap waktu.

Add on ini dapat diunduh secara gratis melalui laman NVDA Community Add Ons dengan mengklik tautan berikut, https://addons.nvda-project.org/addons/instantTranslate.en.html. Ingat, add on ini hanya kompatibel dengan NVDA 2022.1 ke atas.

Untuk menggunakan Instant Translate, pengguna harus memasang add on tersebut terlebih dahulu. Buka file yang telah terunduh, lalu jalankan proses pemasangan. Setelah terpasang, lakukan penyetelan sebagai berikut:

  1. Tekan kombinasi keyboard "insert" dan "N", lalu di bagian "Preferences" tekan tuts panah kanan, dan pilih "Settings".
  2. Tekan "Shift" dan "Tab" bersamaan untuk menuju kategori. Lalu tekan tuts panah bawah hingga menyoroti "Instant Translate", dan tekan "Tab".
  3. Di jendela ini, biarkan opsi "Automatically detect language" terpilih. Dan di bagian "Target Language", pilih "Indonesia".
  4. Centanglah opsi "Copy translation result to the clipboard", dan tekan "Tab" lalu OK.

Ada pun untuk menggunakan add on ini, diperlukan kombinasi keyboard "Insert", "Shift" dan "T" atau "Caps Lock", "Shift" dan "T". Lalu tekan tuts yang sesuai dengan perintah yang diinginkan sebagai berikut:

  • T : Menerjemahkan kata/kalimat yang dipilih/selected. Setelah sebelumnya menyorot kursor atau memilih kata/kalimat yang ingin diterjemahkan.
  • Shift+T : Menerjemahkan kata/kalimat yang sebelumnya telah dicopy.
  • S : Menukar bahasa sumber dengan target bahasa.
  • A : Menginformasikan setelan yang berlaku terkait Instant Translate.
  • C : Menyalin hasil terjemahan terakhir.
  • I : Mengenali bahasa yang digunakan pada kata/kalimat yang dipilih/selected.
  • L : Menerjemahkan kata/kalimat yang diucapkan terakhir.
  • O : Membuka kotak dialog setelan terjemahan.

Demikianlah informasi tentang Instant Translate, add on NVDA yang dapat memudahkan tunanetra menerjemahkan bahasa secara cepat. Menurut penulis, add on ini bahkan wajib dimiliki bagi pengguna yang sedang belajar bahasa Inggris. Cobalah membaca artikel dari laman UK atau US seperti ABC News, BBC News, Gothamist, dan Wusa9.

Post a Comment for "Instant Translate, Mudahkan Tunanetra Belajar Bahasa Inggris"

Advertisement: Dapatkan Layanan Domain dan Hosting Murah!